Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein

Posted on Maret 15, 2010. Filed under: Uncategorized |

Ir. H. Darmansyah Husein merupakan satu diantara sekian putra asli Kabupaten Belitung yang patut dianggap sebagai yang terbaik. Pria kelahiran Belitung, pada 17 Juli 1954 ini menyelesaikan pendidikan dasar di SD UPT Belitung Gantung hingga lulus pada tahun 1966. Setelah itu melanjutkan pendidikan ke SMP Jaya Bhakti Gantung hingga tamat tahun 1970 dan kemudian ke SMA Garuda (Muhammadiyah) Jakarta hingga lulus tahun 1973. Jenjang pendidikan tingginya di tempuh di Jurusan Tata Pembangunan Wilayah dan Kota (Teknik Planologi) Institut Teknologi Bandung (ITB) hingga meraih gelar sarjana pada tahun 1982. Beliau juga tercatat sebagai mahasiswa di Program Pasca Sarjana jurusan Administrasi Negara Program Kekhususan Otonomi Daerah, Universitas Muhammadiyah-Jakarta.

Dalam meniti karir pekerjaan, Ir. H. Darmansyah Husein tergolong sosok yang tidak terlalu betah untuk berlama-lama menduduki sebuah jabatan. Karirnya diawali dengan menjadi Asisten Dosen UNISBA Bandung (1979-1982) serta menjadi profesional muda di beberapa perusahaan, antara lain sebagai Ahli Perencanaan PT. Hexagon Bandung (1980-1981), Asisten Perancangan PT. BIEC International Inc. (1979-1980) dan Biro Konsultan Pembangunan (1981-1985). Pada tahun 1982-1986 kemudian menjadi Dosen di Universitas Krisnadwipayana Jakarta. Beliau juga tetap berkiprah dibidang lainnya, antara lain menjadi Ahli Perencanaan PT. Ciria Jasa Jakarta (1983-1985), Komisaris PT. Inerindo Dinamika Jakarta (1983-1985), dan Dirut PT. Bilitonica Indomarta Cosultan (1985-1996). Bahkan beliau juga pernah tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Bappeda Provinsi Sumatera Selatan (1988-1990). Selain sibuk berkarir, beliau jug aaktif di berbagai organisasi sosial kemasyarakatan dan juga organisasi politik. Beliau adalah Ketua Departemen Ekonomi DPP Partai Bulan Bintang (1998-2000) dan tercatat sebagai Anggota DPR/MPR RI untuk periode (1999-2004).

Kiprahnya sebagai anggota parlemen cukup menonjol. Tak heran jika beliau terpilih untuk menduduki berbagai posisi strategis antara lain sebagai Sekretaris Fraksi PBB di MPR, Wakil Sekretaris Fraksi PBB di DPR, Anggota Komisi VIII DR, dan sekaligus Wakil Ketua Sub Komisi Ristek Komisi VIII DPR. Segudang prestasi itulah yang kemudian mengantarkan Ir. H. Darmansyah Husein terpilih menjadi Bupati Belitung untuk periode 2004-2008. Visi pembangunan yang diembannya adalah “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Belitung yang mandiri, maju dan sejahtera melalui pembangunan ekonomi kerakyatan.” Untuk mewujudkan visi tersebut, beliau telah menetapkan misi pembangunan Kabupaten Belitung, yaitu : 1) Membangun kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya daerah, 2) Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui peningkatan kinerja pemerintah daerah secara berkelanjutan/berkesinambungan. Melalui visi dan misi yang cukup sederhana tersebut, beliau berharap Kabupaten Belitung yang dikenal memiliki kekayaan beragam sumber daya alam ini dapat menjadi salah satu daerah tujuan utama investasi dan perdagangan di Indonesia.

Make a Comment

Tinggalkan komentar

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...